Mencari Jati Diri

SHARE:

Indahnya Masa Remaja - Mengenali Dirimu - Kata orang, masa remaja adalah masa yang paling indah sekaligus membingungkan. Kita dapat beralih fungsi kapan saja dibutuhkan. Untuk urusan menjaga adik atau membereskan kamar misalnya, pasti kita dibilang sudah dewasa. Tapi untuk hal-hal tertntu seperti terlibat dalam pembicaraan orangtua, menonnton film-film tertentu atau keluar malam, pasti kita dianggap belum cukup dewasa. Hmm, menyebalkan!

Dalam masa transisi seperti ini kita menjadi terombang-ambing. Kita mudah terkena krisis identitas. Untuk urusan bersikap kita harus dewasa, tapi dalam soal penampilan kita belum boleh memakai ini dan itu. Banyak remaja mengalaminya. Tapi tunggu dulu, masa remaja tak sesukar itu kok. Kita bisa tetap jadi diri kita sendiri sekaligus mengikuti keinginan orangtua (mungkin saja mereka belum rela melihat anak tersayang mereka beranjak dewasa...).

Salah satu hal yang kita lakukan adalah dengan meningkatkan kesadaran dan pengenalan akan diri sendiri. Ini penting dan berguna. Jika tidak, bagaimana mungkin kita dapat menambah apa yang kurang dan membuang apa yang tidak berguna dalam diri kita?

Menurut psikolog, ada tiga gambaran diri manusia:
  • Diri kita menurut pandangan dan perasaan kita
  • Diri kita yang sesungguhnya
  • Diri kita yang ideal: gambaran diri yang kita inginkan atau dambakan
Kadang, cara kita memandang diri dipengaruhi oleh pendapat orang lain. Penilaian yang disampaikan orang lain di masa lalu yang mungkin asal, komentar sinis dari teman yang sirik pada kita, dan hal-hal buruk lainnya dapat merusak penilaian kita akan diri sendiri.

Ada juga yang disebut “proses bercermin” dalam hubungan anak-orangtua, yaitu di mana si anak menilai dirinya berdasarkan apa yang ia lihat pada wajah ibu atau ayahnya. Jika orangtuanya memasang wajah ramah dan penuh kasih sayang, ia akan menganggap dirinya cukup berharga untuk disayang. Tapi ketika orangtua memandang si anak dengan wajah merengut atau tak suka, ia berpikir itulah nilai dirinya yang sebenarnya. Sungguh sayang, kita tidak dapat mengendalikan sikap dan penilaian orang terhadap kira. Kita merasa itulah nilai diri kita yang sebenarnya. Pendapat ini sangat keliru. Bila pandangan kita bersumber dari orang lain, kita akan gagal mengenal diri sendiri.

Hal yang paling penting untuk menemukan jati diri adalah bersikap jujur. Jangan berpikir terlalu muluk atau terlalu merendahkan nilai dirimu. Jika kamu belum menemukan gambaran yang jelas tentang konsep dirimu, buatlah konsepnya sendiri. Kamu bisa melakukan apa saja dengan konsep itu.

Kamu bukanlah apa kata orang
Kamu bukanlah bagaimana yang terpancar dari wajah orangtuamu
Kamu berharga
Bahkan, tanpa prestasi atau ketrampilanmu, kamu tetap berharga
Kelahiranmu ke dunia inilah yang menjadikan dirimu tak ternilai
Kamu ada
Kamu hidup
Jangan merasa rendah diri
Allah tidak pernah membuat produk massal
Dia membuatmu secara personal
Buktinya, hanya ada satu Da Vinci di dunia ini
Hanya ada satu Bill Gates
Dan hanya ada satu kamu

Penulis : Nia Erfania

COMMENTS

Nama

A Great Big World Adele Advan Alergi Anak Android Anti Karat Aplikasi Android Ardiles Ardiles Metro Artis Asuransi Avenged Sevenfold Avril Lavigne Bali Band Terbaik Batu Berita Berita Tekno Bisnis BlackBerry Bruno Mars Budidaya Careless Whisper Carly Rae Jepsen Cencer Charlie Puth Christina Perri Coldplay Daftar Harga Demi Lovato Desain Desain Interior Diabetes Diet Dream Theater Ed Sheeran Emily Browning Entertaiment Fashion Film Finansial Fun. Game Game Android Game Berhadiah Game Interaktif Gaya Hidup Gigi Green Day Guns N' Roses Hamil Hardwell Harga Healthy Hoobastank Hotel Murah Hubungan Imagine Dragons Inspirasi Isyana Sarasvati James Bay Jantung Jasa Jason Mraz Jazz Jerawat Jessie J John Legend Jual Rumah Juice Newton Justin Bieber Kanker Kansas Karir Kecantikan Keluarga Kesehatan Kesehatan Anak Keuangan Lagu Lagu Romantis Lagu Terbaik Lana Del Rey Lirik Louncher Magelang Magic! Makanan Makanan Sehat Malang Manfaat Buah Maroon 5 Meghan Trainor Metallica Michael Bublé Michael Heart Minuman Mito Mitos Motivasi Mr Big Music Musik Nate Ruess Nike Oh Honey Olahraga One Directione Paramore Passenger Pembuatan Pendidikan Pengembangan Diri Penginapan Penuaan Perjalanan Pernikahan Pink Queen Review Rexco Rod Stewart Rudimental Rumah Sam Smith Samsung Scorpions Selena Gomez Sepatu Sepatu Ardiles Sepatu Basket Smartphone Sony Suicide Squad OST Tanaman Hias Teknologi Terjemahan The Overtunes Tips Tips Hubungan Tips Kesehatan Tips Teknologi Toko Online Troubleshoting Tutorial Blog TV LED TV LED Murah Wanita WD-40 vs Rexco 50 Website Wisata Wiz Khalifa Xiaomi Yoav
false
ltr
item
Heqris.com: Mencari Jati Diri
Mencari Jati Diri
Kata orang, masa remaja adalah masa yang paling indah sekaligus membingungkan. Kita dapat beralih fungsi kapan saja dibutuhkan. Untuk urusan menjaga adik atau membereskan kamar misalnya, pasti kita dibilang sudah dewasa. Tapi untuk hal-hal tertntu seperti terlibat dalam pembicaraan orangtua, menonnton film-film tertentu atau keluar malam, pasti kita dianggap belum cukup dewasa. Hmm, menyebalkan!
Heqris.com
http://www.heqris.com/2013/04/mencari-jati-diri.html
http://www.heqris.com/
http://www.heqris.com/
http://www.heqris.com/2013/04/mencari-jati-diri.html
true
8507191404690170390
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy