Sabtu, 03 November 2012

Penyakit Ikan Lele Dan Pencegahannya

Budidaya ikan lele akan tidak terlepas dari penyakit seperti halnya pada penyakit ikan lainnya. Jenis penyakit pada ikan lele juga bermacam-macam, untuk itu para petani ikan lele juga perlu mengetahui jenis dan cara untuk mengatasinya.

Penyakit pada ikan lele yang serius harus segara ditangani dengan benar supaya kerugian tidak berangsur-angsur memburuk, berikut ini adalah jenis penyakit ikan lele dan cara untuk mengatasinya:

Penyakit Jamur Pada Ikan Lele
Jenis jamur memang bermacam-macam, untuk jamur pada lingkungan air terdapat Achlya dan Saprolegnia, jamur ini tumbuh pada ikan yang masih hidup dan sudah mati, jika dibiarkan bisa menular pada ikan lele lainnya dan telur.

Pencegahan Jamur Ikan Lele
Jika ada kian lele baik yang mati maupun yang hidup segera pisahkan dengan ikan lele yang lain.

Pengobatan Jamur Pada Ikan Lele
Pengobatan jamur pada ikan lele bisa diobati dengan merendamnya di larutan Malachyte Green, Kalium Permanganat dan bisa juga di larutan garam dapur. Ikan yang direndam di larusan Kalium Permanganat selama kurang lebih 80 menit dan ikan yang direndam pada larutan garam selama 1 menit.

Penyakit Bintik Putih Pada Ikan Lele
Penyakit ini akan timbul jika air dalam keadaan tergenang dan tidak diganti, pada air yang mengalir penyakit ini jarang sekali terjadi. Penyebab penyakit ini adalah binatang bersel satu yang disebut protozoa. Gejala yang ditimbulkan berupa bintik putih pada permukaan kulit dan insang, jika penyakit ini tidak segera diatasi bisa cukup parah, kulit ikan dan ingsangnya bisa rusak dan menyebabkan kematian.

Pencegahan Bintik Putih Pada Ikan Lele
Karena penyakit ini bisa terjadi karena air tidak sering diganti, maka cara untuk mencegahnya hanya dengan cara mengganti air dengan sering atau dialiri air baru yang segar dan banyak mengandung oksigen.

Pengobatan Bintik Putih Pada Ikan Lele
Apabila pencegahan penyakit tidak berhasil dan ikan lele sudah terlanjur terserang penyakit, terkadang akan sulit untuk disembuhkan, namun ada beberapa obat-obatan untuk mengatasinya, yang terpenting adalah segera mengganti air kolam supaya ikan lele lainnya tidak tertular.

Untuk pengobatan bisa dengan cara memberikan serbuk Malachyte Green, pengobatan bisa lakukan setiap dua hari sekali, sampai ikan lele benar-benar sembuh (biasanya akan sembuh selama sepuluh hari). Cara lain bisa dengan garam dapur, ambil ikan lele yang terserang penyakit dan rendamkan di larutan air garam selama satu menit, lakukan setiap hari, selama lima hari berturut-turut.

Penyakit Bakterial Pada Ikan Lele
Bakteri merupakan penyakit yang bisa menyerang penyakit ikan lele dengan menyebabkan kerusakan pada daging dan organ dalam lainnya dan menimbulkan bisul yang akhirnya bisa menjadi borok. Penyakit yang disebabkan oleh bakteri ini bisa berakibat cukup parah dan sangat sukar untuk diobati, umumnya penyakit ini disebabkan oleh aeromonas dan pseudomonas.

Pencegahan Bakteri Pada Ikan Lele.
Untuk mencagah timbulnya bakteri, ikan lele harus selalu dalam kondisi baik, seperti halnya memberi makanan yang cukup, keadaan lingkungan lahan yang baik dengan membersihkannya dari segala macam pencemaran. Dengan begitu ikan lele akan mempunyai daya tahan yang tinggi dengan membentuk kekebalan secara alami.

Pengobatan Bakteri Pada Ikan Lele
Untuk ikan lele yang terlanjur sakit karena terkena bakteri yang cukup parah, bisa diobati dengan beberapa obat, seperti antibiotika seperti Kemiticin, Streptamisin, Tetrasiklin. Obat tersebut dicampurkan dengan makanan ikan lele sesuai dengan dosis selama 2 sampai 3 minggu.
TAGS
#Budidaya
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 Komentar: