Penyakit Buta Warna | Test Buta Warna

SHARE:

Entah apa yang terjadi, jika kehidupan tanpa warna. Putih semua. Tak ada keindahan seperti warna-warni pelangi. Warna sangat berarti bagi kita. lancar dan amannya lalu lintas, sedikit banyak tergantung warna; kendaraan akan saling tabrakan jika traffic linght rusak atau tidak berfungsi. Tanpa warna sopir taksi tidak akan bisa membedakan kapan harus jalan dan kapan harus berhenti. Tanpa warna kita sulit mengidentifikasi seseorang; ia lahir sebagai seorang afrika atau eropa.

Warna juga mempunyai urusan dengan mata. Indra penglihatan kita. Kita bersyukur karena di dunia ini ada yang namanya warna. tapi bagaiman jika kita tak sanggup membedakan warna? penderita buta warna bukannya tidak bisa melihat warna, tetapi ia masih bisa membedekan warna walaupun penilaiannya berbeda dengan orang normal.

Pada prinsipnya, ada dua tipe penyakit buta warna, yaitu merah dan hijau. Penderita penderita buta warna merah tidak dapat membedakan merahnya darah dan merahnya tanah. Buta warna hijau juga begitu. Jika tidak bisa membedakan kedua warna itu, bisa disebut menderita buta warna total, "kata spesialis mata, Dr. Kadarisman bicara soal buta warna. Jika hanya satu warna saja, merah atau hijau saja, ia menderita buta warna parsial. Hanya sebagian, tapi sama-sama merepotkan.

Cara Mengetahui Buta Warna Dengan Tes Ishihara
Bagaimana mengetahui seseorang buta warna? Sebenarnya ada beberapa cara. tapi yang sering digunakan adalah "Tes Ishihara", penderita disuruh melihat buku uji buta warna, dalam bentuk gambar (huruf) yang berwarna mirip dan sukar untuk dibedakan satu sama lain. Sering penderita tidak percaya dengan apa yang dilihat. Ia mengira dokter mata yang memeriksa buta warna-nya "ngibul". Ia merasa tak menderita apapun pada matanya, sebelum datang ke rumah sakit atau praktek perorangan. tapi setelah teman atau saudaranya ikut melihat buku uji, ia mau mengakui kalau benar-benar menderita buta warna.

Penyebab Buta Warna.
Seseorang dapat buta warna akibat bawaan sejak lahir dan akibat kelainan pada selaput jala mata, terutama pada bintik kuning. Di negara Barat terdapat hampir 5% anak laki-laki menderita buta warna. Cacat bawaan penglihatan warna dapat terjadi pada anak-anak tertentu. Buta warna yang diturunkan terdapat lebih banyak pada laki-laki dari pada perempuan, perbandingannya 4 : 1000. Buta warna yang diturunkan akan mengenai kedua mata.

Ada satu teori yang mampu menjelaskan mekanisme terjadinya buta warna. Teori itu menyatakan,dalam mata ada tiga pigmen penglihatan pada lapisan saraf mata. Dari ketiga pigmen itu, masing-masing memberikan respon spesifik terhadap cahaya yang diterimanya. Jadi, bila pigmen itu kehilangan fungsi, walaupun orang itu dapat melihat dengan baik, tetapi apa yang tampak di matanya semua sama. Dalam hal ini warna.

Dokter Kadarisman mengatakan bahwa tingkat kebutaan tergantung kemampuan melihat gambar pada buku uji buta warna. Makin sedikit warna yang dibedakan, makin berat buta warnanya. Demikian pula sebaliknya. Makin mampu ia menjawab pertanyaan buku uji itu, atau makin bisa membedakan setiap warna, tingkat kebutaannya makin ringan. Jadi, tidak ada seorang sopir yang menderita buta warna total, tapi masih sanggup menjalankan profesinya, itu artinya ia hanya hafalan. Bahwa hanya traffic light bagian atas, artinya "stop", jika lampu bagian bawah yang menyala, ia boleh jalan, tapi bila traffic light itu dibalik hijau di atas, tengah kuning dan bawah merah, ia akan bingung. Untung polisi tak pernah berbuat seusil itu," kata Dr. Kadarisman setelah bercanda.

Pengobatan Buta Warna.
Buta warna bisa terjadi karena penyakit atau keturunan. Konon sampai sekarang belum ada obatnya. Buta warna tidak dapat diobati. Bila telah terjadi buta warna, apakah berasal dari penyakit atau keturunan tidak dapat diobatai. Penderita buta warna seolah-olah sudah di vonis mati. Selaput jala yang telah terganggu fungsi penglihatan warnanya akan tetap tidak berfungsi. Bila penyebabnya adalah penyakit selaput jala atau saraf penglihat, maka sebaiknya dicegah berlanjutnya penyakit tersebut.

Penderita buta warna tidak boleh putus asa mengarungi bahtera kehidupan. Dalam bursa tenaga kerja misalnya. Ia masih bisa memilih jenis-jenis pekerjaan tertentu yang tidak tergantung pada warna. Penerangan, polisi, petugas labolaturium dan bahkan sopir taksi adalah beberapa pekerjaan yang tabu dimasuki penderita buta warna. Jika seseorang masih saja nekad memilih pekerjaan yang tidak sesuai dengan kondisi matanya, resikonya tidak hanya dirinya yang menanggung. Orang lain akan kena getahnya. Gara-gara buta warna, lalu lintas bisa macet, polisi salah tembak, pemain sepak bola terlibat gol bunuh diri karena matanya dikacaukan warna kaos tim dan lawan mainnya, dan masih banyak lagi.

"Selain itu, kita harus selektif dalam memilih pasangan hidup. Jika Anda sendiri menderita buta warna, sedangkan calon suami atau istri juga menderita penyakit yang sama, pertimbangkan soal ini," kata Dr. Kadarisman memperingatkan. Ini merupakan langkah preventif untuk mencegah buta warna bawaan. Sifat penyakit yang permanen karena dipengaruhi faktor genetika, sehingga pembentukan mata janin terganggu, dapat dicegah. Memang, lebih baik sedia payung sebelum hujan.

Penulis : HNI

Berikut Beberapa Contoh Gambar Tes Buta Warna:


tes buta warna 5







YANG NORMAL MENJAWAB : 5
tes buta warna 10







YANG NORMAL MENJAWAB : 10
tes buta warna 16







YANG NORMAL MENJAWAB : 16
tes buta warna 2







YANG NORMAL MENJAWAB : 2
tes buta warna 29






YANG NORMAL MENJAWAB : 29
YANG BUTA WARNA MUNGKIN AKAN MENJAWAB : 70
tes buta warna 42







YANG NORMAL MENJAWAB : 42
tes buta warna 57






YANG NORMAL MENJAWAB : 57
YANG BUTA WARNA MUNGKIN AKAN MENJAWAB : 35
tes buta warna 6







YANG NORMAL MENJAWAB : 6
tes buta warna 7







YANG NORMAL MENJAWAB : 7










Berikut sedikit contoh gambar tes untuk buta warna dan perlu diketahui bahwa gambar ini tidak bisa dijadikan patokan, karena pada setiap layar monitor bisa juga berbeda, hanya sebagai contoh, tidak bisa dijadikan sebagai diagnosis untuk buta warna.

COMMENTS

BLOGGER: 4
Loading...
Nama

A Great Big World Adele Advan Alergi Anak Android Anti Karat Aplikasi Android Ardiles Ardiles Metro Artis Asuransi Avenged Sevenfold Avril Lavigne Bali Band Terbaik Batu Berita Berita Tekno Bisnis BlackBerry Bruno Mars Budidaya Careless Whisper Carly Rae Jepsen Cencer Charlie Puth Christina Perri Coldplay Daftar Harga Demi Lovato Desain Desain Interior Diabetes Diet Dream Theater Ed Sheeran Emily Browning Entertaiment Fashion Film Finansial Fun. Game Game Android Game Berhadiah Game Interaktif Gaya Hidup Gigi Green Day Guns N' Roses Hamil Hardwell Harga Healthy Hoobastank Hotel Murah Hubungan Imagine Dragons Inspirasi Isyana Sarasvati James Bay Jantung Jasa Jason Mraz Jazz Jerawat Jessie J John Legend Jual Rumah Juice Newton Justin Bieber Kanker Kansas Karir Kecantikan Keluarga Kesehatan Kesehatan Anak Keuangan Lagu Lagu Romantis Lagu Terbaik Lana Del Rey Lirik Louncher Magelang Magic! Makanan Makanan Sehat Malang Manfaat Buah Maroon 5 Meghan Trainor Metallica Michael Bublé Michael Heart Minuman Mito Mitos Motivasi Mr Big Music Musik Nate Ruess Nike Oh Honey Olahraga One Directione Paramore Passenger Pembuatan Pendidikan Pengembangan Diri Penginapan Penuaan Perjalanan Pernikahan Pink Queen Review Rexco Rod Stewart Rudimental Rumah Sam Smith Samsung Scorpions Selena Gomez Sepatu Sepatu Ardiles Sepatu Basket Smartphone Sony Suicide Squad OST Tanaman Hias Teknologi Terjemahan The Overtunes Tips Tips Hubungan Tips Kesehatan Tips Teknologi Toko Online Troubleshoting Tutorial Blog TV LED TV LED Murah Wanita WD-40 vs Rexco 50 Website Wisata Wiz Khalifa Xiaomi Yoav
false
ltr
item
Heqris.com: Penyakit Buta Warna | Test Buta Warna
Penyakit Buta Warna | Test Buta Warna
Warna juga mempunyai urusan dengan mata. Indra penglihatan kita. Kita bersyukur karena di dunia ini ada yang namanya warna. tapi bagaiman jika kita tak sanggup membedakan warna? penderita buta warna bukannya tidak bisa melihat warna, tetapi ia masih bisa membedekan warna walaupun penilaiannya berbeda dengan orang normal.
http://4.bp.blogspot.com/-YTVZW5ev774/UG75Iez1YSI/AAAAAAAAA6c/iX_HfX-D1Ww/s1600/Tes+buta+warna+5.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-YTVZW5ev774/UG75Iez1YSI/AAAAAAAAA6c/iX_HfX-D1Ww/s72-c/Tes+buta+warna+5.jpg
Heqris.com
http://www.heqris.com/2012/10/penyakit-buta-warna-test-buta-warna.html
http://www.heqris.com/
http://www.heqris.com/
http://www.heqris.com/2012/10/penyakit-buta-warna-test-buta-warna.html
true
8507191404690170390
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy