Kandungan & Manfaat Asam Lemak Omega-3

SHARE:

Menurut para ahli, asam lemak omega 3 bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan pada anak. Zat ini banyak terdapat pada ikan tuna. Rasanya tak adil bagi kita orangtua tidak menyiapkan bekal itu untuk diserap oleh anak, walaupun gizi mereka sudah memadai. Menurut pakar gizi intelegensia, seorang anak selain dipengaruhi oleh faktor utama yang dominan yaitu: faktor genetik 50%, faktor gizi 40% dan faktor lingkungan 10%. Adanya faktor gizi, dengan demikian sangatlah beralasan bagi kita untuk tetap memperhatikan nutrisi pada setiap tahan kehidupan mulai dari rahim sampai masa balita.

Beberapa zat gizi terutama yang berperan terhadap intelegensia, adalah protein, lemak dan iodium. Namun perhatian para ahli sekarang ini tertuju pada asam lemak omega-3 yang secara alami terbukti memiliki korelasi yang erat terhadap kecerdasan anak.

Lamptey & Walker pada tahun 1976 mengadakan penelitian dengan menggunakan tikus percobaan yang diberi diet tanpa asam lemak omega-3. Hasil rekomendasi menyimpulkan terjadi gangguan koordinasi neuromotor dan aktivitas spontan. Konsekuensi lanjutan menyebabkan turunnya belajar pada tikus percobaan. Hasil temuan ini nampaknya cukup beralasan karena asam lemak omega-3 dan omega-6 merupakan komponen penyusun lipida pada sel otak.

Kandungan & Manfaat Asam Lemak Omega-3

Sel-sel syaraf memerlukan asam lemak rantai panjang dalam perkembangannya. Dalam hal ini asam lemak omega-3 dan omega-6 sangat esensial terutama pada masa 25 minggu umur kehamilan dan bulan pertama kelahiran, karena pada masa ini sel-sel otak mulai berkembang dengan pesat.

Pada fase ini, sel-sel saraf memerlukan deposit lemak atau lipida, terutama dari jenis lemak tak jenuh dalam membran. Agar proses tumbuh kembangnya sel otak dapat optimal maka ketersediaan asam lemak omega-3 dan omega-6 sangat esensial dalam tiga fase kehidupan yaitu: masa kehamilan, masa menyusui dan masa bayi.

Ibu Hamil dan Bayi Cerdas

Ibu Hamil dan Bayi Cerdas
Sangat penting bagi ibu hamil untuk memperhatikan konsumsi asam lemak esensial. Karena telah terbukti dari hasil penelitian bahwa ibu menderita gangguan pencernaan lemak, akan melahirkan bayi dengan IQ poin lebih rendah daripada ibu yang tidak mengalami gangguan percernaan lemak.

Sebagai patokan jumlah lemak omega-3, jumlah kebutuhan asam lemak omega-3 pada masa kehamilan 4,5%, dari total energi. Sementara ahli lain menganjurkan agar satuan yang digunakan bukan persen terhadap total energi, seperti yang diajukan oleh Breve (1987) yang menegaskan kebutuhan asam lemak omega-3 sebesar 350 - 400 mg/ hari dalam bentuk asam lemak tak jenuh ganda rantai panjang.

Selanjutnya pada masa laktasi atau masa menyusui penggunaan ASI sangat dianjurkan, karena ASI memberikan kontribusi terbesar terhadap inteke asam lemak omega-3 dan omega-6. Hal ini semakin membuka nuansa pemikiran kita bahwa bagaimanapun canggihnya interfensi teknologi untuk merekayasa formula susu buatan tak akan mampu menyamai ASI sebagai makanan alami (food natural) bagi bayi.

Suatu hasil penelitian menyimpulkan bahwa pada ibu dari golongan kurang mampu, kandungan ASI-nya memiliki asam lemak omega-3 yang lebih tinggi, dibandingkan golongan yang mampu.

Kenyataan lain, bahwa golongan ibu-ibu vegetarian, kurang mengkonsumsi ikan dan hasil laut, padahal secara teoritis, hasil laut memiliki kandungan omega-3 yang tinggi.

Korelasi antara konsumsi ikan laut dengan kadar asam lemak omega-3 pada ASI memang secara empiris belum banyak dilaporkan dari hasil penelitian. Namun hipotesa pada arah itu sangat beralasan mengingat kualitas dan kuantitas asi ditentukan oleh intake zat gisi ibu menyusui.

Hal pokok yang perlu, adanya upaya agar konsumsi asam lemak omega-3 pada ibu hamil dan ibu menyusui tetap teratur dari bahan makanan yang potensial mengandung asam lemak omega-3. Di satu pihak kita harus menangbahkan asam lemak omega-3 ke dalam susu formula, mengingat produk ini sekmentasi pasar yang cukup luas dan merupakan alternatif untuk mengelakkan ASI bagi wanita karir.

Kandungan Asam Lemak Omega-3

Bahan makanan yang banyak mengandung asam lemak omega-3 terutama dari jenis hasil laut dan ikan tuna. Manfaat asam lemak omega-3 ini tak hanya sebatas pada tumbuh kembang, tapi juga pada pencegahan beberapa penyakit degeneratif. Oleh karena sifatnya sebagai asam lemak yang memiliki ikatan rangkap, maka asam lemak omega-3 ini mudah rusak pada pemanasan, terutama pada suhu tinggi. Konsumsi ikan laut secara mentah jelas lebih baik dari pada yang telah melalui proses pemanasan dengan suhu tinggi. Akan tetapi cara-cara ini tentunya tidak memiliki nilai akseptebel bagi konsumen, kecuali pada masyarakat nelayan di daerah pantai.

Sampai pada suhu 80°C, asam lemak omega-3 masih kurang mengalami perubahan, sedangkan pada pengolahan suhu tersebut, jarang dicapai bahkan melebihi 100°C. Sebagai contoh suhu pada penggorengan ikan sekitar 180°C. Hal ini tentunya kurang menguntungkan kita bila ditinjau dari kualitas asam lemak omega-3 pada pangan tersebut.

Penulis : Sirajuddin

COMMENTS

Nama

A Great Big World Adele Advan Alergi Anak Android Anti Karat Aplikasi Android Ardiles Ardiles Metro Artis Asuransi Avenged Sevenfold Avril Lavigne Bali Band Terbaik Batu Berita Berita Tekno Bisnis BlackBerry Bruno Mars Budidaya Careless Whisper Carly Rae Jepsen Cencer Charlie Puth Christina Perri Coldplay Daftar Harga Demi Lovato Desain Desain Interior Diabetes Diet Dream Theater Ed Sheeran Emily Browning Entertaiment Fashion Film Finansial Fun. Game Game Android Game Berhadiah Game Interaktif Gaya Hidup Gigi Green Day Guns N' Roses Hamil Hardwell Harga Healthy Hoobastank Hotel Murah Hubungan Imagine Dragons Inspirasi Isyana Sarasvati James Bay Jantung Jasa Jason Mraz Jazz Jerawat Jessie J John Legend Jual Rumah Juice Newton Justin Bieber Kanker Kansas Karir Kecantikan Keluarga Kesehatan Kesehatan Anak Keuangan Lagu Lagu Romantis Lagu Terbaik Lana Del Rey Lirik Louncher Magelang Magic! Makanan Makanan Sehat Malang Manfaat Buah Maroon 5 Meghan Trainor Metallica Michael Bublé Michael Heart Minuman Mito Mitos Motivasi Mr Big Music Musik Nate Ruess Nike Oh Honey Olahraga One Directione Paramore Passenger Pembuatan Pendidikan Pengembangan Diri Penginapan Penuaan Perjalanan Pernikahan Pink Queen Review Rexco Rod Stewart Rudimental Rumah Sam Smith Samsung Scorpions Selena Gomez Sepatu Sepatu Ardiles Sepatu Basket Smartphone Sony Suicide Squad OST Tanaman Hias Teknologi Terjemahan The Overtunes Tips Tips Hubungan Tips Kesehatan Tips Teknologi Toko Online Troubleshoting Tutorial Blog TV LED TV LED Murah Wanita WD-40 vs Rexco 50 Website Wisata Wiz Khalifa Xiaomi Yoav
false
ltr
item
Heqris.com: Kandungan & Manfaat Asam Lemak Omega-3
Kandungan & Manfaat Asam Lemak Omega-3
Kandungan & Manfaat Asam Lemak Omega-3 - Menurut para ahli, asam lemak omega 3 bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan pada anak. Zat ini banyak terdapat pada ikan tuna. Rasanya tak adil bagi kita orangtua tidak menyiapkan bekal itu untuk diserap oleh anak, walaupun gizi mereka sudah memadai. Menurut pakar gizi intelegensia, seorang anak selain dipengaruhi oleh faktor utama yang dominan yaitu: faktor genetik 50%, faktor gizi 40% dan faktor lingkungan 10%. Adanya faktor gizi, dengan demikian sangatlah beralasan bagi kita untuk tetap memperhatikan nutrisi pada setiap tahan kehidupan mulai dari rahim sampai masa balita.
http://2.bp.blogspot.com/-HR--9qkxd2s/VZlI4NWpxbI/AAAAAAAATnE/E7wWXd8_eDA/s640/daging%2Bikan.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-HR--9qkxd2s/VZlI4NWpxbI/AAAAAAAATnE/E7wWXd8_eDA/s72-c/daging%2Bikan.jpg
Heqris.com
http://www.heqris.com/2012/09/manfaat-asam-lemak-omega-3.html
http://www.heqris.com/
http://www.heqris.com/
http://www.heqris.com/2012/09/manfaat-asam-lemak-omega-3.html
true
8507191404690170390
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy