23 Sep 2012

Faktor Penyebab Sering Kelelahan

Kelelahan itu bisa merupakan pertanda adanya gangguan penyakit pada tubuh. Penjelasan atas kelelahan biasanya jelas dan sederhana. Anda kurang tidur, meningkatnya tuntutan keluarga atau Anda bekerja terlalu lama. Tetapi, penyakit dalam tubuh juga dapat melemahkan tenaga Anda. Di bawah ini ada tiga kondisi yang umum, tetapi sering tidak terdeteksi kalau bisa menjadi faktor terjadinya kelelahan, berikut ulasannya:

Masalah Kelenjar Gondok
Walaupun, masalah tersebut sering dimulai dengan adanya perasaan lelah, hal itu juga dapat diketahui dengan cara lain. Anda mungkin tidak tahan terhadap cuaca dingin atau sering sukar buang air besar. Kulit yang kering, rambut rontok, kekurangan cairan dan penurunan kemampuan berfikir, termasuk masalah mengenai ingatan dan berkurangnya kecepatan berpikir, juga dapat timbul.

Kelenjar gondok adalah kelenjar yang terletak di bagian depan leher. Kelenjar ini memproduksi bebrapa hormon yang mengatur fungsi-fungsi tubuh seperti: metabolisme dan detak jantung. Bila kelenjar ini tidak berproduksi dalam jumlah cukup, kerja sistem tubuh Anda akan menurun.

Hampir 2 juta wanita di Amerika menderita kondisi ini, yang disebut hypothyrooidism. Tiga setengah juga wanita lainnya, yang juga memiliki gejala-gejala ini, menderita masalah yang hampir sama dalam bentuk yang lebih ringan. Kedua jenis masalah ini dapat diobati dengan tambahan hormon kelenjar gondok.

Mendeteksi Diabetes
Sering merasa lesu juga bisa dijadikan peringatan atas penyakit ini. Tetapi, adapula gejala-gejala lainnya, termasuk sering buang air kecil dan rasa haus yang berlebihan. Beberapa orang penderita diabetes merasa lelah karena mereka tidak memperoleh tidur yang berkualitas dan merasa terganggu. Mereka sering terbangun pada malam hari untuk membuang air kecil.

Penyakit diabetes tipe II yang disebabkan ketidakmampuan tubuh untuk memproduksi hormon insulin atau menggunakannya dengan tepat, bertanggung jawab atas 95% dari 14 juta kasus penyakit diabetes di Amerika.

Sisa kasus tersebut disebabkan oleh penyakit diabetes tipe I, yang cenderung menyerang pada masa kanak-kanak dan masa remaja. Kedua tipe diabetes tersebut dapat dikendalikan, asalkan didiaggnosis dan ditangani dengan benar.

Kadang-kadang, Anda harus melakukan sedikit pekerjaan detektif untuk menyingkap sumber kelelahan Anda.

Hampir separuh penderita diabetes tidak tahu bahwa mereka mengidapnya. Bila Anda berusia di atas 30 tahun, memiliki dua atau lebih gejala-gejala diabetes selama minimal satu bulan dan kelebihan berat badan atau memiliki keluarga dengan sejarah penyakit ini, mungkin inilah saatnya memeriksa kadar gula darah Anda.

Mengarahkan Depresi
Anda mungkin berfikir bahwa depresi hanya mempengaruhi suasana hati. Tetapi, penyakit ini dapat menunjukkan dirinya secara fisik, seringkali melalui rasa lelah yang terus menerus. Tanda-tanda laiinya adalah kekurangan tidur, peningkatan atau penurunan selera makan dan ketidakmampuan untuk merasa senang, yang semuanya berlangsung terus-menerus selama minimal dua minggu.

Hampir 12 juta wanita di Amerika menderita depresi per tahun. Para ahli yakin bahwa penyakit itu disebabkan oleh perubahan-perubahan zat kimia tubuh. Perubahan-perubahan itu dapat disebabkan oleh faktor-faktor keturunan. Bila Anda merasa terserang, datanglah ke ahli kesehatan mental.

Penulis: Hrm

Artikel Terkait Informasi Kesehatan

0 Komentar: