Dampak Negatif Dan Manfaat Tumbuhan Eceng Gondok

SHARE:

Jika rumah kita berdekatan dengan waduk atau berada di sekitar lingkungan perairan, pasti tidak asing lagi dengan yang namanya Eceng Gondok, dalam bahasa latin eceng gondok ini disebut dengan "Eichhornia Crassipes" dan di Indonesia sendiri pada masing-masing daerah juga mempunyai sebutan bermacam-macam, seperti halnya Ringgak (Lampung), Ilung-ilung (Dayak), Kelipuk (Palembang), Tumpe (Manado), dan masih banyak lagi. Tanaman ini pertama kali ditemukan pada tahun 1824 oleh seorang ahli botani dari Jerman yang bernama Carl Friedrich Philipp von Martius.

Tumbuhan ini memiliki ciri-ciri hidup mengapung di air dengan tinggi kurang lebih 40 - 80 cm. Tidak mempunyai batang, berdaun tunggal dengan bentuk oval dan berwarna hijau. Selain itu Eceng Gondok merupakan tumbuhan yang proses pertumbuhannya sangat cepat dan mudah menyebar melalui saluran perairan ke perairan yang lain, oleh karena itu tanaman ini termasuk gulma yang dapat merusak lingkungan perairan.

Selain proses tumbuhnya yang begitu cepat, tumbuhan Eceng Gondok juga tahan terhadap perubahan air, baik itu arus air, temperatur, ketersediaan nutrien maupun pH dan bahkan racun-racun yang berada dalam air. Untuk itu tumbuhan ini sering kita temui di sungai, danau, tempat penampungan air baik itu yang dangkal dan lain sebagainya. Perlu diketahui salah satu faktor penyebab cepatnya pertumbuhan adalah air yang mengandung nutrien yang tinggi, terutama kaya akan potasium, fosfat dan nitrogen.

Dampak Negatif Tumbuhan Eceng Gondok

Mengurangi Jumlah Oksigen Dalam Air
Karena pertumbuhan yang begitu cepat tumbuhan ini bisa menutupi seluruh perairan, akibatnya jumlah cahaya yang masuk ke dalam air akan semakin berkurang dan tingkat ke-larutan oksigen pun akan berkurang.

Perairan Menjadi Dangkal
Eceng Gondok juga bisa merusak lingkungan disekitar dan menjadi  penyebab kedangkalan, itu karena Eceng Gondok yang sudah mati akan menumpuk sedikit demi sedikit ke permukaan, sehingga seiring berjalannya waktu perairan-pun akan menjadi dangkal.

Mengurangi Jumlah Air
Jika tidak benar-benar diatasi dengan benar, tumbuhan Eceng Gondok ini bisa menyebar hingga ke seluruh permukaan air, dengan begitu akan menyebabkan evapotranspirasi yang berarti jumlah kehilangan air akan bertambah akibat pertumbuhan Eceng Gondok yang begitu cepat dan memiliki daun yang lebar.

Mengganggu Lalu Lintas di Perairan.
Bagi para nelayan tumbuhan Eceng Gondok sangat mengganggu sekali, karena perahu mereka sering terjebak dan sulit untuk bergerak.

Meningkatnya Habitat Baru
Dengan semakin bertambah banyak tumbuhan Eceng Gondok, membuat banyak habita-habita baru yang akan bermunculan. Dilain sisi juga bisa menjadi faktor penyebab timbulnya penyakit.

Merusak Keindahan Perairan.
Kalau pada daratan Eceng Gondok ini seperti rumput liar, cuma bedanya Eceng Gondok ini tumbuh di perairan, untuk itu perlu adanya penanganan, supaya perairan tetap terlihat indah.

Dampak Positif | Manfaat Tumbuhan Eceng Gondok

Untuk Mencegah Akumulasi Logam Berat
Mengkonsumsi ikan air tawar secara terus menerus bisa membahayakan bagi tubuh, karena dalam ikan air tawar terdapat logam berat yang apabila akumulasi logam berat dalam tubuh semakin bertambah dalam jangka waktu yang panjang, bisa menyebabkan bibir sumbing, penyakit minamata, cacat pada bayi dan kerusakan saraf. Untuk itu perlu adanya penanganan, salah satunya dengan tumbuhan Eceng Gondok. Dari hasil penelitian, Eceng Gondok ini mampu menyerap logam berat dalam perairan. Jika itu dilakukan secara terus-menerus kandungan logam berat dalam air bisa mencapai titik 0.

Pupuk Organik
Dari hasil penelitian, Eceng Gondok ini kaya akan asam humat yang menghasilkan senyawa fitohara yang berfungsi untuk mempercepat pertumbuhan akar pada tanaman, selain itu juga mengandung asam triterpenoid, sianida, alkaloid dan kaya akan kalsium. Dengan begitu Eceng Gondong sangat memungkinkan untuk dijadikan pupuk organik. Pupuk organik Eceng Gondok bisa dimanfaatkan untuk jenis sayuran seperti bayam, wortel,cabe, terong dan buah-buahan.

Biogas
Biogas adalah suatu campuran gas-gas yang dihasilkan dari suatu proses fermentasi bahan organik oleh bakteri dalam keadaan anaerobik (Sahidu,1983), untuk itu Eceng Gondok juga bisa diolah menjadi biogas.

Selain itu Eceng Gondok juga bisa dijadikan sebagai media untuk pertumbuhan jamur, kerajinan tangan, kertas dan lain sebagainya. Untuk itu Eceng Gondok harus di kelola secara benar, supaya bisa menjadikan hasil yang lebih bermanfaat.

COMMENTS

Nama

A Great Big World Adele Advan Alergi Anak Android Anti Karat Aplikasi Android Ardiles Ardiles Metro Artis Asuransi Avenged Sevenfold Avril Lavigne Bali Band Terbaik Batu Berita Berita Tekno Bisnis BlackBerry Bruno Mars Budidaya Careless Whisper Carly Rae Jepsen Cencer Charlie Puth Christina Perri Coldplay Daftar Harga Demi Lovato Desain Desain Interior Diabetes Diet Dream Theater Ed Sheeran Emily Browning Entertaiment Fashion Film Finansial Fun. Game Game Android Game Berhadiah Game Interaktif Gaya Hidup Gigi Green Day Guns N' Roses Hamil Hardwell Harga Healthy Hoobastank Hotel Murah Hubungan Imagine Dragons Inspirasi Isyana Sarasvati James Bay Jantung Jasa Jason Mraz Jazz Jerawat Jessie J John Legend Jual Rumah Juice Newton Justin Bieber Kanker Kansas Karir Kecantikan Keluarga Kesehatan Kesehatan Anak Keuangan Lagu Lagu Romantis Lagu Terbaik Lana Del Rey Lirik Louncher Magelang Magic! Makanan Makanan Sehat Malang Manfaat Buah Maroon 5 Meghan Trainor Metallica Michael Bublé Michael Heart Minuman Mito Mitos Motivasi Mr Big Music Musik Nate Ruess Nike Oh Honey Olahraga One Directione Paramore Passenger Pembuatan Pendidikan Pengembangan Diri Penginapan Penuaan Perjalanan Pernikahan Pink Queen Review Rexco Rod Stewart Rudimental Rumah Sam Smith Samsung Scorpions Selena Gomez Sepatu Sepatu Ardiles Sepatu Basket Smartphone Sony Suicide Squad OST Tanaman Hias Teknologi Terjemahan The Overtunes Tips Tips Hubungan Tips Kesehatan Tips Teknologi Toko Online Troubleshoting Tutorial Blog TV LED TV LED Murah Wanita WD-40 vs Rexco 50 Website Wisata Wiz Khalifa Xiaomi Yoav
false
ltr
item
Heqris.com: Dampak Negatif Dan Manfaat Tumbuhan Eceng Gondok
Dampak Negatif Dan Manfaat Tumbuhan Eceng Gondok
Tumbuhan ini memiliki ciri-ciri hidup mengapung di air dengan tinggi kurang lebih 40 - 80 cm. Tidak mempunyai batang, berdaun tunggal dengan bentuk oval dan berwarna hijau. Selain itu Eceng Gondok merupakan tumbuhan yang proses pertumbuhannya sangat cepat dan mudah menyebar melalui saluran perairan ke perairan yang lain, oleh karena itu tanaman ini termasuk gulma yang dapat merusak lingkungan perairan.
Heqris.com
http://www.heqris.com/2012/09/dampak-negatif-dan-manfaat-tumbuhan.html
http://www.heqris.com/
http://www.heqris.com/
http://www.heqris.com/2012/09/dampak-negatif-dan-manfaat-tumbuhan.html
true
8507191404690170390
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy