Minggu, 05 Agustus 2012

Manfaat Rumput Laut

Saat ini hasil olahan dari rumput memang bermacam-macam bentuknya, seperti halnya; agar-agar, es rumput laut,  bahkan untuk obat-obatan dan kosmetik. Hal ini terjadi karena kandungan rumput laut banyak sekali manfaatnya. Secara umum, jenis rumput laut yang bisa dikonsumsi adalah ganggang coklat "phaeophyceae", ganggang biru "cyanophycea", ganggang merah "rodophyceae" dan ganggang hijau "chlorophyceae".

Dari hasil penelitian rumput laut mempunyai kandungan nutrisi cukup lengkap. yaitu serat kasar 3%, protein 5.4%, lemak 8.6%, abu 22.25%, air 27.8% dan karbohidrat 33.3%. Tak hanya itu rumput laut juga mengandung vitamin (A,B,C,D, E dan K) dan mineral seperti nitrogen, oksigen, kalsium, selenium zat besi, magnesium dan natrium. selain itu juga terdapat enzim, asam nukleat dan asam amino.

Selain untuk dikonsumsi rumput laut juga bisa bermanfaat untuk kecantikan, rumput laut mengandung vitamin yang berfungsi untuk memberi nutrisi pada kulit sehingga kulit akan lebih lembab, kencang dan menangkal radikal bebas. Masyarakat kuno juga banyak memanfaatkan rumput laut sebagai masker, scrup dan berendam.

Manfaat rumput laut untuk kesehatan

1. Untuk Membersihkan Tubuh.
Karena rumput laut mengandung mineral seperti; magnesium, potasium dan zat besi, maka carilah sabun yang mengandung bahan seaweed (rumput laut), dengan begitu saat Anda mandi akan mampu untuk menyehatkan kulit, tak hanya itu. Bahan seaweed juga mangandung seng yang berfungsi untuk menghilangkan toksin.

2. Untuk Kesehatan Kulit
Kulit yang kusam, kering bahkan jerawat atau sel-sel yang sudah mati bisa diatasi dengan produk kecantikan yang menggunakan bahan dasar rumput laut. Kenapa demikian, karena rumput laut ini mengandung vitamin, mineral, asam amino dan enzim dalam rumput laut sangat potensial sebagai antioksidan yang berperan dalam menyehatkan kulit dan penuaan dini.

3. Mencegah Osteoporosis
Selain dengan susu, mencegah osteoporosis juga bisa menggunakan rumput laut, karena kandungan mineral esensial dan kalsium rumput laun sepuluh kali lebih banyak dibandingkan dengan susu.

4. Diet
Karena kandungan serat rumput laut sangat tinggi dan melancarkan metabulisme tubuh maka sangat memungkinkan rumput laut ini bisa menyerap lemak dalam tubuh.

5. Untuk Penderita Stroke
Walaupun rumput laut ini hidupnya dilaut, jika dikonsumsi juga mampu menyerap kelebihan garam dan rumput laut ini juga berfungsi untuk menekan tekanan darah, jadi sangat dianjurkan bagi para penyidap stroke.

6. Antioksidan
Pada ganggang rumput laut terdapat zat yang berfungsi untuk membersihkan tubuh dari reaksi radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh dan perempuan yang banyak mengkonsumsi rumput laut, memiliki resiko lebih kecil terkena kanker payu darah.

Berikut manfaat dari rumput laut, semoga bermanfaat.
TAGS
#Kesehatan
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 Komentar: