Mengenal & Mengatasi Infeksi Cacing Pada Anak (Cacingan)

SHARE:

Begitu banyak kerugian yang akan timbul sebagai akibat infeksi cacing, dimana prevalensi yang cukup tinggi terutama pada anak-anak sekolah yang berkisar antara 31-87% merupakan problem tersendiri. Melihat kenyataan ini maka program penanggulangan infeksi cacing, terutama pada usia anak sekolah merupakan masalah yang cukup mendesak.

Masalah kesehatan yang Baling berkait dengan faktor-faktor lainnya, menuntut upaya penuntasan infeksi cacing secara terpadu dan berkelanjutan. Dengan demikian upaya penanggulangan infeksi cacing supaya dilakukan secara berkesinambungan, sehingga memberikan hasil yang optimal dan tingkat keberhasilan yang maksimal.

Secara umum infeksi cacing biasanya tidak mendapatkan perhatian yang cukup, terutama dari pihak orangtua. Hal ini disebabkan karena akibatnya yang secara tidak langsung tidak dapat terlihat, seperti pada gangguan akibat penyakit infeksi lain. Hal ini dimungkinkan karena sifatnya yang tersembunyi, serta jarang menimbulkan kematian. Biasanya penderita hanya mengeluh akibat diare, nafsu makan berkurang dan tidak bersemangat. Keluhan-keluhan yang demikian biasanya yang umum dan sering dirasakan pada anak-anak seusia sekolah dasar. Keadaan yang demikian, jika tidak segera mendapatkan penanggulangan dan pengobatan dengan anti cacing yang efektif, seperti Combantrin maka pada akhirnya akan dapat mengganggu kecukupan pemenuhan gizi yang berakibat pada gangguan fungsi tumbuh kembang anak.

Potensial Sumber Penularan

Beberapa jenis cacing sangat potensial untuk menimbulkan infeksi pada anak-anak. Dan untuk selanjutnya mereka akan menjadi sumber penularan bagi infeksi berikutnya yang sangat potensial. Keadaan yang demikian inilah yang menyebabkan infeksi akibat parasit cacing sukar diatasi secara tuntas. Penderita yang tidak mendapatkan pengobatan yang tepat, merupakan sumber penularan bagi orang-orang dekat di sekitarnya.

Cacing gelang (Ascaris lumbricoides)

Misalnya, cacing betina yang panjangnya kira-kira 20-30 cm ini mampu bertelur 200.000 telur per harinya. Dalam waktu lebih kurang 3 minggu telur ini akan berisi larva yang bersifat infektif, yang dapat menjadi sumber penularan jika secara tidak sengaja mencemari makanan/minuman yang kita konsumsi. Cacing ini hidup sebagai parasit dalam usus halus, sehingga akan mengambil nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh kita dan menimbulkan kerusakan pada lapisan usus tersebut. Akhirnya timbullah diare dan gangguan penyerapan sari-sari makanan tersebut. Bahkan pada keadaan yang berat, larva dapat masuk ke paru-paru sehingga membutuhkan tindakan operatif.

Cacing jenis lain yang juga sering menginfeksi anak-anak adalah cacing cambuk "Trichuris trichiura". Biasanya infeksi cacing ini menyerang pada usus besar. Infeksinya sering menimbulkan luka pada usus, karena kepala cacing masuk ke dalam permukaan usus penderita. Pada infeksi yang ringan biasanya hanya timbul diare saja. Tetapi pada infeksi yang berat, hampir pada sebagian besar permukaan usus besar dapat ditemukan cacing jenis ini. Akibatnya diare yang terjadi juga relatif berat dan dapat berlangsung terus-menerus. Karena juga dapat menyebabkan luka pada usus, maka anemia sebagai komplikasi perdarahan merupakan akibat yang tidak begitu saja dapat dianggap ringan. Inilah sebetulnya akibat-akibat infeksi cacing yang tidak pernah kita perkirakan selama ini dan proses yang merugikan itu berlangsung terus tanpa kita sadari.

Infeksi cacing biasanya menimbulkan anemia. Lebih-lebih jika terinfeksi cacing tambang "Necator americanus dan Ancylostoma duodenale". Cacing tambang ini menimbulkan luka pada permukaan usus, sehingga perdarahan dapat terjadi secara lebih berat dibanding dengan infeksi cacing jenis lainnya.

Perdarahan yang lebih berat ini disebabkan karena mulut (stoma) cacing mengerat permukaan usus. Bahkan satu ekor cacing saja dapat menyebabkan kehilangan darah sebanyak 0,005-0,34 cc sehari. Mengingat itu semua, maka infeksi cacing tambang merupakan penyebab anemia yang paling sering ditemukan pada anak-anak, sehingga dapat mempengaruhi daya tahan tubuhnya dan menurunkan prestasi belajarnya.

Pengobatan Infeksi Cacing

Infeksi cacing meskipun tidak menimbulkan akibat klinis yang membahayakan dan bersifat fatal, terutama yang menginfeksi anak-anak, sebaiknya juga mendapatkan perhatian yang sebaik-baiknya. Dengan demikian dapat dihindarkan akibat serius yang dapat merugikan, seperti malnutrisi dan anemia yang menurunkan kemampuan belajar dan prestasi kerja.

Untuk dapat mengatasi infeksi cacing secara tuntas, maka upaya pencegahan dan terapi merupakan usaha yang sangat bijaksana dalam memutus siklus penyebaran infeksinya. Pemberian obat anti cacing secara berkala setiap 6 bulan dapat pula dikerjakan. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan serta sumber bahan pangan merupakan sebagian dari usaha pencegahan untuk menghindari dari infeksi cacing.

Membiasakan cara-cara hidup sehat, terutama pada anak-anak usia sekolah dasar, dimana usia ini merupakan usia yang sangat peka untuk menanamkan dan memperkenalkan kebiasaan-kebiasaan baru. Kebiasaan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala merupakan salah satu contohnya.

Disamping upaya pencegahan, maka tindakan pengobatan untuk mengatasi infeksi cacing dengan obat-obatan merupakan pilihan yang dianjurkan. Obat anti cacing Combantrin merupakan anti cacing yang efektif untuk mengatasi sebagian besar infeksi yang disebabkan parasit cacing. Paduan yang serasi antara upaya dan terapi akan memberikan tingkat keberhasilan yang memuaskan, sehingga infeksi cacing secara perlahan dapat diatasi secara maksimal, tuntas dan paripurna.

Penulis : Dr. Wiwied S

COMMENTS

BLOGGER: 2
Loading...
Nama

A Great Big World Adele Advan Alergi Anak Android Anti Karat Aplikasi Android Ardiles Ardiles Metro Artis Asuransi Avenged Sevenfold Avril Lavigne Bali Band Terbaik Batu Berita Berita Tekno Bisnis BlackBerry Bruno Mars Budidaya Careless Whisper Carly Rae Jepsen Cencer Charlie Puth Christina Perri Coldplay Daftar Harga Demi Lovato Desain Desain Interior Diabetes Diet Dream Theater Ed Sheeran Emily Browning Entertaiment Fashion Film Finansial Fun. Game Game Android Game Berhadiah Game Interaktif Gaya Hidup Gigi Green Day Guns N' Roses Hamil Hardwell Harga Healthy Hoobastank Hotel Murah Hubungan Imagine Dragons Inspirasi Isyana Sarasvati James Bay Jantung Jasa Jason Mraz Jazz Jerawat Jessie J John Legend Jual Rumah Juice Newton Justin Bieber Kanker Kansas Karir Kecantikan Keluarga Kesehatan Kesehatan Anak Keuangan Lagu Lagu Romantis Lagu Terbaik Lana Del Rey Lirik Louncher Magelang Magic! Makanan Makanan Sehat Malang Manfaat Buah Maroon 5 Meghan Trainor Metallica Michael Bublé Michael Heart Minuman Mito Mitos Motivasi Mr Big Music Musik Nate Ruess Nike Oh Honey Olahraga One Directione Paramore Passenger Pembuatan Pendidikan Pengembangan Diri Penginapan Penuaan Perjalanan Pernikahan Pink Queen Review Rexco Rod Stewart Rudimental Rumah Sam Smith Samsung Scorpions Selena Gomez Sepatu Sepatu Ardiles Sepatu Basket Smartphone Sony Suicide Squad OST Tanaman Hias Teknologi Terjemahan The Overtunes Tips Tips Hubungan Tips Kesehatan Tips Teknologi Toko Online Troubleshoting Tutorial Blog TV LED TV LED Murah Wanita WD-40 vs Rexco 50 Website Wisata Wiz Khalifa Xiaomi Yoav
false
ltr
item
Heqris.com: Mengenal & Mengatasi Infeksi Cacing Pada Anak (Cacingan)
Mengenal & Mengatasi Infeksi Cacing Pada Anak (Cacingan)
Mengenal & Mengatasi Infeksi Cacing Pada Anak (Cacingan) - Begitu banyak kerugian yang akan timbul sebagai akibat infeksi cacing, dimana prevalensi yang cukup tinggi terutama pada anak-anak sekolah yang berkisar antara 31-87% merupakan problem tersendiri. Melihat kenyataan ini maka program penanggulangan infeksi cacing, terutama pada usia anak sekolah merupakan masalah yang cukup mendesak.
http://2.bp.blogspot.com/-Rv2_rD3xC3k/VNIcZ4ulG6I/AAAAAAAAOGc/haURtchP2jM/s1600/dua%2Banak.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-Rv2_rD3xC3k/VNIcZ4ulG6I/AAAAAAAAOGc/haURtchP2jM/s72-c/dua%2Banak.jpg
Heqris.com
http://www.heqris.com/2009/08/infeksi-cacing-pada-anak-cacingan.html
http://www.heqris.com/
http://www.heqris.com/
http://www.heqris.com/2009/08/infeksi-cacing-pada-anak-cacingan.html
true
8507191404690170390
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy